Terkait Program Jokowi Berikan Kemudahan dalam Sertifikasi Halal, Ketua PHRI Kota Bogor: Semoga Bisa Segera Direalisasikan

Ketua PHRI Kota Bogor, Yuno Abeta Lahay. Foto: tjahyadi ermawan

Ketua BPC PHRI Kota Bogor, Yuno Abeta Lahay menyambut baik rencana Capres nomor urut 01, Joko Widodo yang akan mempermudah proses Sertifikasi Halal bagi para pelaku usaha restoran, hotel, kafe dan UMKM.

“Kami menyambut baik rencana Pak Joko Widodo yang akan mempermudah prosedur dan membebaskan biaya  proses sertikasi halal, karena itu  sangat membantu dan sangat bermanfaat sekali bagi kami pebisnis perhotelan, dan kuliner,” ujar Yuno.

Menurut Yuno, selama ini proses untuk mendapatkan Sertifikasi Halal memang cukup lama. Bagi para pebisnis, tentu hal ini kurang bagus. “Sertifikat halal itu menjadi salah satu syarat untuk bisa mengurus sertifikasi yang lain, diantaranya sertifikasi pegawai dan sertifikasi hotel. Jadi, itu mengapa jika proses ini bisa lebih cepat dan gratis, tentu akan sangat berdampak positif. Kami bisa lebih berdaya saing tinggi,” sambung Yuno.

Meski begitu, lanjut Yuno, bukan berarti selama ini lembaga yang mengeluarkan sertifikasi halal mempersulit. “Saya tidak mengatakan begitu (mempersulit, red). Hanya memang proseduralnya selama ini sangat panjang, penilaiannya sangat komplek dan biayanya juga cukup tinggi,” papar Yuno.

Secara khusus, Yuno juga optimis seorang Joko Widodo akan menepati janjinya jika terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia. “Dengan latar belakang sebagai pengusaha, tentunya Pak Jokowi lebih paham, dan tahu betul kendala-kendala di lapangan. Beliau paham betul masalah di bawah. Jadi, saya optimis beliau akan menepati program-programnya,” pungkas Yuno. (ermawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *