Koper UMKM 4.0 Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Capres 01 Joko Widodo menghadiri Deklarasi Dukungan dari relawan Kelompok Perempuan (Koper) UMKM 4.0 di Bukit Gumati, Bogor, Kamis (21/3/2019). Foto: ermawan tjahyadi

Batutulis, bogorimages.com – Dukungan bagi Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, terus mengalir. Kali ini, giliran ratusan pengusaha perempuan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Kelompok Perempuan (Koper) UMKM 4.0 menggelar deklarasi dukungan bertajuk Perempuan Berdaya, Indonesia Maju di Bukit Gumati, Batutulis, Kota Bogor, Kamis (21/3/2019).

Sekitar pukul 11:18 WIB, Capres 01 Joko Widodo tiba di Bukit Gumati.  Didampingi Ketua Umum Koper UMKM 4.0, Nita Yudi, capres petahana ini memasuki tempat acara. Belum sampai ke kursi VVIP, ratusan peserta deklarasi yang mayoritas ibu-ibu pengusaha ini menyeruak mendekati Joko Widodo. Mereka berebut untuk bisa berswafoto dengan Jokowi. Momen keseruan berswafoto ini berlangsung sekitar  lima menit.

Habis itu, acara berlanjut. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang disusul lagu mars Koper, dan pembacaan doa. Setelah itu, barulah Ketua Umum Koper UMKM 4.0, Nita Yudi naik ke podium. Dihadapan Joko Widodo, Nita mengatakan seluruh relawan dan jaringan Koper UMKM 4.0 di seluruh Indonesia siap memenangkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Seribu persen siap memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Ini karena kami yakin, dan sudah merasakan dalam lima tahun terakhir ini, perhatian yang besar dari bapak untuk UMKM, juga para pengusaha perempuan. Kami mendapat kemudahan dan bantuan dalam permodalan, juga pemasaran. Semoga bapak jadi presiden lagi, dan dukungan terhadap kami bisa lebih dahsyat lagi untuk bersama menuju Indonesia yang lebih maju,” papar Nita.

Ketua Umum KOPER UMKM 4.0 Ibu Nita Yudi mendampingi Bapak Joko Widodo dalam Deklarasi Dukungan KOPER UMKM 4.0 untuk Memenangkan Pasangan Capres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Bukti Gumati, Bogor, Kamis (21/3/2019). Foto: tjahyadi ermawan/wartapakwan.co.id

Menurut Nita, relawan dan jaringan Koper UMKM 4.0 sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. “Di semua provinsi sudah ada, hanya di Kaltara saja belum ada Koper. Namun bapak (Jokowi) jangan risau. Kami akan terus berjuang dan bersinergi dengan relawan lainnya untuk kemenangan Capres 01, termasuk juga di Jawa Barat,” tegas Nita.

Usai sambutan dan laporan dari Ketua Umum Koper UMUM 4.0, dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan dukungan yang diikuti seluruh relawan Koper. Setelah itu,  dilanjutkan arahan dan pidato politik dari Capres 01 Joko Widodo.

Pada kesempatan ini, Jokowi menyampaikan terima kasih atas dukungan dari para relawan Koper UMKM 4.0.  “Terima kasih atas dukungannya untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujarnya.

Jokowi kembali menyampaikan beberapa hal kepada para pengusaha perempuan yang tergabung dalam Koper UMKM 4.0. Diantaranya program Mekaar yang merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap kaum perempuan, khususnya wanita pra-sejahtera yang mau berusaha.

Menurut Jokowi, memang masih ada kendala di lapangan bagi para pelaku usaha mikro, UMKM, khususnya para pengusaha perempuan terkait permodalan, dimana kerap tersandung masalah jaminan. Karena itulah, pemerintah hadir dengan sejumlah program, diantaranya Mekaar.

“Untuk urusan kejujuran, kerja keras dan teliti, itu nggak ada yang mengalahkan perempuan, karena itu pemerintah melalui berbagai kementrian menggelar sejumlah program untuk memberdayakan masyarakat, mempermudah akses memperoleh permodalan supaya bisa mandiri,” ujar Jokowi yang langsung disambut riuh dan tepuk tangan para pelawan.

Selain Mekaar yang sudah dinikmati 4,1 juta penerima manfaat, lanjut Jokowi, pemerintah juga menyiapkan dana sekitar 7 triliun untuk program UMi atau Ultra Mikro.

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

“UMi ini dananya lebih besar, tapi yang menerima manfaat program ini baru sekitar 1,2 juta orang. Ayo, program ini bisa untuk usaha Ultra Mikro sesuai dengan namanya. Seluruh warga Negara Indonesia, terutama yang pra-sejahtera dan keluarga yang kurang mampu, namun punya kemauan untuk maju, punya kemauan untuk berusaha, silakan gunakan UMi ini,” ujar Jokowi.

Hanya saja, Jokowi juga mengingatkan para pengusaha perempuan UMKM 4.0 ini untuk membenahi ekosistem offline. Di perdesaan, banyak UMKM dengan produk yang potensial untuk maju. Hanya terkadang, kemasannya kurang bagus, desain label, dan nama merek produk terkadang masih diabaikan. Selain itu, kemampuan untuk memenuhi pesanan atau order dalam jumlah besar juga masih ada kendala. “Itu (kendala-kendala) di ekosistem offline atasi dulu, habis itu ekositem onlinenya yang diperkuat. Kalau sudah terkoneksi dan siap dari segi produk, maka akan terbangun marketplace yang besar dan kuat. Ini baru kita siap bersaing di era 4.0,” jelas Jokowi. (sabur nurhakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *