Berawal Dari Coba-Coba, Bisnis Karikatur Menjadi Ladang Rupiah

 

BOGORIMAGES.COM, Cilendek- Memiliki hobi khusus memang sebaiknya tidak disepelekan. Karena kadang dari hobi yang dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan baik justru bisa mendatangkan rejeki dan menjadi ladang bisnis.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bambang Supriyadi atau lebih akrab biasa disapa benkz ini, misalnya. Dari hobinya yang gemar mendesain karikatur, kini justru bisa menjadi ladang penghasilan.

Benkz bercerita, awalnya karikatur hasil karyanya hanya diunggah di instagram pribadi agar banyak orang yang tahu. Dari situ, dirinya mulai kedatangan order untuk membuat karikatur.

“Awalnya hanya iseng buat koleksi pribadi, namun ada beberapa teman yang minta dibuatkan setelah melihat hasilnya, yang menurut mereka lucu,” ungkap Benkz, saat ditemui dikediamannya di Gg. Makam Cilendek, Keluarahan Cilendek Barat, RT.04/05, Kota Bogor, Jumat (02/8).

Setelah merasa cukup pengalaman berbisnis, pada awal 2017 silam, Benkz mulai serius dibidang tersebut. Namun bisnisnya itu sempat vakum pada akhir 2018 karena kesibukan pekerjaan utamanya sebagai jurnalis. Kendati demikian ia tetap menerima pesanan pembuatan karikaturnya namun dibatasi.

”Iya karena membuat karikatur itu harus teliti dan detail, nah disitu waktu saya sedikit untuk mendesain jadi saya stop setiap orderan yang masuk,” ucapnya.

Pria kelahiran Ciamis, 11 Agustus 1979 ini menuturkan, bisnis ini mulai ditekuni kembali setelah dirinya memiliki waktu luang. Untuk harga cukup bervariasi. Tergantung ukuran dan kerumitan desainnya.

“Semua sudah termasuk bingkai. Tak sedikit konsumen hanya minta file saja artinya tidak dicetak dan itu lebih murah, saya berikan harga hanya Rp 100 ribu,” ungkap dia.

Menurutnya, saat ini ia tengah mencoba membuat karikatur pop up yang tampak terlihat tiga dimensi dan tentunya dengan harga yang berbeda dari karikatur biasa.

“Ini merupakan penyegaran saja agar konsumen tidak bosan dengan desain yang biasa, meskipun desain pop up sudah ada yang membuat namun belum banyak yang menjual,” tukasnya. (SBR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *