Genjot Urban Farming, Dedie Rachim Tebar Ikan di Bubulak

Dedie Rachim Tebar Ikan di Bubulak

Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim melakukan tebar ikan dan meninjau pertanian perkotaan sistem aquaponik di Kelurahan Bubulak, Bogor, Barat, Jumat (1/5/2020). Foto: DKPP Kota Bogor for BOGORIMAGES.COM

Bubulak, bogorimages.com – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mendukung program urban farming sekaligus pengembalian fungsi dan daya dukung lingkungan. Menurutnya, ini solusi atas keterbatasan lahan perkebunan dan pertanian di Kota Bogor.

Hal tersebut diungkap Dedie ketika menghadiri kegiatan pelepasan ikan dan panen sayuran organik, Kampung Siaga Pangan Covid 19 di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Jumat (1/5/2020).

”Sudah ada beberapa RW di Kota Bogor yang melakukan urban farming. Jika ini bisa dilakukan secara massif, dalam konteks Kampung Siaga Pangan Covid 19, tentunya sangat baik sekali. Minimal, dalam situasi pandemic saat ini bisa memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri, baik itu beras, sayuran maupun ikan dan unggas,” ujar Dedie.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menebar ikan di Kali Cibenda dan meninjau aquaponik di Kelurahan Bubulak, Bogor Barat, Jumat (1/5/2020). Foto DKPP Kota Bogor for wartapakwan.co.id

Khusus di Keluruhan Bubulak, Dedie mengapresiasi seluruh pihak yang sudah terlibat dan mendukung kegiatan urban farming. Betapa tidak, upaya menggalang ketahanan pangan diawali dengan perbaikan lingkungan.

“Kali Cibenda tempat kita menebar ikan, ini awalnya penuh sampah. Beberapa waktu lalu warga dan berbagai pihak gotong royong membersihkan aliran, dan mengembalikan fungsi Cibenda. Sekarang, setelah bersih bisa ditebar ikan. Daya dukung lingkungan juga semakin baik,” sambung Dedie.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Holtikultura dan Penyuluhan Pertanian pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Dian Herdiawan kepada bogorimages.com mengatakan pihaknya sesuai tupoksi akan memberikan pendampingan dan pembinaan melalui Penyuluhan Pertanian yang teratur dan terarah serta berkelanjutan di 12 titik lokasi RW Kampung Siaga Covid 19 dan 7 Titik Kampung Siaga Lumbung Pangan Covid 19.

“Harapannya bisa menularkan kepada RW-RW lainnya sehingga Urban Farming menjadi budaya bagi masyarakat Kota Bogor sebagai solusi keterbatasan lahan berkebun dan bertani serta jadi solusi sampah organik untuk dijadikan pupuk organik,” jelas Dian. (Cay)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *